Mata kuliah ini memberikan pengetahuan teori dan praktek menyusun karya tari kontemporer atau non-tradisi.  Perkuliahan diarahkan pada studio-based research melalui proses penciptaan tari yang mengoptimalkan baik proses somatis maupun kognitif. Setelah mengikuti perkuliahan ini, Mahasiswa diharapkan mampu memahami hakikat penciptaan karya tari, memahami konsep dan teknik penciptaan tari yang berbasis kolaboratif dengan tetap menyampaikan artikulasi individual (persona).  

Perkuliahan diberikan dalam beberapa tahapan: 1. Penyampaian dan pembimbingan dasar tahap-tahap penyusunan tari; 2. Pembimbingan studio processing; 3. Pembimbingan presentasi panggung .  Untuk mendukung penyampaian materi ajar, akan disertakan video beberapa contoh karya tari.


Analisis Tari memberikan pengetahuan teoritis dan aplikatif berkaitan dengan aktivitas mengkaji karya tari, dengan mengikutsertakan perspektif tertentu.  Melalui perspektif yang tepat, kegiatan analisis mengintegrasikan pengetahuan teoretis dan praksis untuk mendalami repertoar tari dari aspek sosiologi, antropologi, dan estetika.  Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengkaji satu tari pilihan sendiri dan menuliskannya dalam format essay.  Proses pembelajaran dilaksanakan melalui beberapa tahapan: 1. Pengetahuan  dasar Analisis Tari; 2. Teknik menganalisa tari dan teknik penulisan dalam menganalisa tari; dan 3. Praktek menganalisis tari.  Untuk mendukung penyampaian materi ajar, akan disertakan beberapa artikel yang up to date yang mengulas tari dari beberapa perspektif, dan video tari-tari Nusantara maupun mancanegara.