Materi terbuka, yaitu materi mata kuliah yang disajikan secara daring dalam berbagai bentuk media agar dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen kapan saja dan dimana saja.

Studi tentang biologi kelautan mencakup berbagai macam disiplin ilmu seperti astronomi, biologi oseanografi, seluler biologi, kimia, ekologi, geologi, meteorologi, biologi molekuler, fisik oseanografi dan zoologi dan ilmu baru dari biologi konservasi laut mengacu pada banyak disiplin ilmu lama seperti ekologi laut, biogeografi, zoologi, botani, genetika, biologi perikanan, antropologi, ekonomi dan hukum.

Mata kuliah ini membahas interaksi antar manusia dan antara manusia dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan pangan & gizi dengan tetap mempertahankan keberlanjutan sumberdaya alam & lingkungan. Secara khusus dibahas masalah pangan-gizi dan determinannya seperti budaya, sosial (kependudukan, menejemen, gender), ekonomi (kemiskinan, perdagangan bebas), kesehatan, lingkungan; pangan dan gizi dalam dimensi bio-eco-culture; sumberdaya pangan; perubahan kebiasaan makan; strategi pengelolaan sumberdaya pangan.

Deskripsi Mata kuliah: Mata kuliah ini membahas tentang: konsep ekologi pesisir; sistem ekologi pesisir; keunggulan pesisir dan laut;  pengelolaan pesisir dan laut; analisis kondisi dan valuasi nilai sumberdaya di ekosistem mangrove;  analisis kondisi dan valuasi nilai sumberdaya di ekosistem lamun; analisis kondisi  dan valuasi nilai sumberdaya di ekosistem terumbu karang; analisis kelayakan ekologis pesisir.

Ilmu lingkungan adalah bidang akademik multidisipliner yang mengintegrasikan ilmu fisika, biologi, kimia, ekologi, ilmu tanah, geologi, sains atmosfer, dan geografi untuk mempelajarilingkungan, dan solusi dari permasalahanlingkungan.

Sebagai ilmu tentang interaksi antara habitat-Lingkungan dan Lingkungannya. Lingkungan di sini memiliki arti luas, Pisahkan semua hal di luar. Tidak hanya termasuk cahaya, suhu, curah hujan, kelembaban dan topografi, tetapi juga parasit, predator dan kompetitor. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik / interaksi antara habitat dengan Lingkungannya. Dengan demikian ada beberapa cabang ilmu yang menunjang ekologi yang harus didukung mahasiswa misalnya: Klimatologi, Limnologi, Geologi, Fisika, Kimia, Biologi, Planktonologi dan sebagainya.

Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea.