Mata kuliah kurikulum dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoretis dan praktis baik yang berkaitan dengan kurikulum dan
pembelajaran yang berfungsi membekali mahasiswa calon tenaga kependidikan dalam
bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan wawasan dan pemahaman yang diharapkan dapat
membekali mereka untuk menjadi guru bahasa Indonesia yang profesional. Materi yang
dipelajari dalam mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar, dimensi, hakekat,
landasan, prinsip, sumber, nilai rujukan, model, tujuan, standar kompetensi
lulusan, standar isi, dan pelaksanaan program kurikulum dan pembelajaran
Kompetensi:
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami hakekat,
konsep, dan program kurikulum serta dapat mengaplikasikannya dalam proses
pembelajaran 

Mahasiswa mampu memahami pengertian, perkembangan wirausaha di Negara luar dan di Indonesia, konsepsi wirausaha dan kewirausahaan, karakteristik, jiwa, semangat, pribadi wirausaha, upaya-upaya yang dilakukan wirauaha serta factor-faktor yang merugikan wirausaha.

Pokok-pokok Materi Perkuliahan : 

1. Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan 

2. Perkembangan Wirausaha 

3. Karakteristik Wirausaha 

4. Kualitas Wirausaha 

5. Kelebihan Wirausaha 

6. Tipe pengejar Sukses 

7. Tangga Kesibukan Wirausaha 

8. Ethos kerja Wirausaha 

9. Pendidikan dan Latihan Wirausaha 

10. Faktor-faktor yang Merugikan Wirausaha 

11. Ikrar Wirausaha 

12. Memilih Lapangan Usaha

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Mata kuliah ini menjadi salah satu penguatan teoretis dan praktis bagi mahasiswa calon guru, terutama penguatan kompetensi pedagogik. Secara garis besar, materi perkuliahan dititikberatkan pada penguasaan konsep-konsep umum tentang teori dasar kurikulum, serta peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap praktik pengembangan kurikulum 2013 khususnya. Konsep umum teori dasar kurikulum antara lain mencakup: pengertian, fungsi dan peran, komponen-komponen kurikulum, dan pengembangan kurikulum. Sementara konsep khusus pengembangan kurikulum 2013 mencakup: hakikat K13, karakteristik K13, tujuan K13, serta ruang lingkup K13.


Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengembangan kepribadian bahasa Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas (memenuhi syarat objektivitas, koherensi, kohesi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif); (2) menyunting secara kritis berbagai karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil suntingan;(3) memanfaatkan kemahiran dalam berbahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat.Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik diskusi, latihan, dan presentasi.

Mata kuliah ini mendeskripsikan pengertian dan hakikat sastra anak, fungsi dan manfaat sastra anak, ciri-ciri dan genre sastra anak, tingkat apresiasi sastra anak, pembelajaran apresiasi sastra anak, pemilihan bacaan sastra, penilaian sastra anak, tempat pemerolehan sastra anak, sastra anak di usia awal, sastra tradisional, cerita fiksi anak, puisi anak, bacaan non fiksi anak, komik sastra anak.